Imtihan dan Khotmil Quran Metode Ummi Luluskan 187 Peserta Didik MTsN 2 Kota Malang

Kota Malang – Sabtu (25/05/24) pukul 08.00 pagi hari hembusan angin dengan udara segar bersih menyejukkan suasana Masjid Al Ikhlas MTsN 2 Kota Malang. Sebagai pelaporan secara nyata tentang kualitas hasil pembelajaran Al-Qur.’an  MTsN 2 Kota Malang telah meluluskan 187 peserta didik dengan Metode Ummi. Adapun tingkatan peserta kategori tartil Juz 30, 29, 28, 1, 2, dan 6 dengan melewati 2 kali tes yaitu Pra Munaqosyah dan Munaqosyah.

Kegiatan diawali dengan pembukaan prosesi khataman Al-Quran secara bersama-sama oleh seluruh peserta dibuka dengan QS. Al Fatihah dan Juz 30 ditutup dengan doa khotmil qur’an.  Dalam sambutan pembukaannya Mokhammad Amin Tohari, S.Ag.M.PdI selaku kepala madrasah memberikan ucapan selamat kepada peserta seluruhnya “Semoga anak-anak menjadi shohibul quran,” demikian ujaran doa dan harapan orang nomor 1 di MTsN 2 Kota Malang ini. H. Abdul Mughni, S.Ag. M.Pd selaku Kepala Seksi Bidang Pendidikan Agama Kementerian Agama Kota Malang juga berharap “Kerjasama yang sudah lama dilakukan antara  MTsN 2 Kota Malang dengan Ummi Foundation bisa dipupuk ditingkatkan kembali agar anak-anak betul -betul mampu menapaki pendidikan mereka dan berhasil pada masa depannya nanti.” Beliau juga memberikan ucapan terima kasih sekaligus memberikan motivasi kepada madrasah agar kegiatan ini selalu terus  dievaluasi, dikembangkan, sehingga semakin baik semakin sempurna sesuai harapan orang tua.

Abdul Karim, S.Pd., M.Pd berjanji, “insya Allah akan memperbaiki lagi dan menjadi lebih baik terdepan dalam kualitas dan kwantitas pada pembelajaran Al-Quran” demikian janji Ketua Pembina Ummi Foundation Kota Malang ini. Muhammad Hafidz, Lc. Selaku Ketua Ummi Foundation Daerah Kota Malang menjelaskan tujuan utama kegiatan Imtihan dan  khotmil quran ini  adalah sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT karena sejatinya  berkat pertolongan Allah SWT anak-anak bisa membaca, menghafal Quran dan teori-teori tajwid dalam Al-Quran,

Uji publik Surat Al Mulk, juga diberikan kepada salah satu peserta sekaligus sebagai testimoni oleh Slamet Mujiono, M.Pd, selaku Guru SMA Negeri 8 Kota Malang sekaligus wali peserta didik di MTsN 2 Kota Malang. Di penghujung prosesi imtihan seluruh peserta diberikan waktu untuk menemui kedua orang tua masing-masing untuk meminta doa restu agar menjadi anak yang sholeh dan sholihah, sukses, dunia akhirat. Mendadak seisi ruangan menjadi suasana yang mengharu biru. Para peserta khataman menangis dalam pelukan orang tua. Permohonan doa restu para peserta disambut orang tua dengan pelukan kasih sayang dan  motivasi, agar ilmu yang telah diperoleh menjadi manfaat bagi diri sendiri dan orang lain di kemudian hari. Sebagai pamungkas acara, doa penutup dipimpin oleh Muslihan, S.Ag selaku Wakil Kepala Bidang Humas MTsN 2 Kota Malang.

Tim kehumasan MTsN 2 Kota Malang

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*