Matsandatama Gelar Perjusa di Bumi MTsN 2 Kota Malang

Kota Malang – Jumat (17/05/24) pukul 16.00 sore menjelang senja lapangan MTsN 2 Kota Malang telah sarat puluhan tenda-tenda perkemahan. Matsandatama (Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Malang) gelar Perjusa (Perkemahan Jumat-Sabtu) pada  17-18 Mei 2024 di Bumi Perkemahan MTsN 2 Kota Malang.  Kegiatan ini merupakan program kerja Gerakan Pramuka Gudep 02028/02029 MTsN 2 Kota Malang, Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang Tahun Pelajaran 2023-2024. Sebagai  peserta perjusa kali ini adalah peserta didik kelas VII MTsN 2 Kota Malang yang tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka serta Anggota Dewan Galang.

Kegiatan perkemahan penggalang dilaksanakan sebagai pelatihan pemantapan materi praktik pada anggota penggalang, dan peserta juga diuji tingkat kompetensi masing-masing sesuai dengan Syarat  Kecapakan Umum (SKU), ujar Kak Yuliadi selaku Pembina Pramuka MTsN 2 Kota Malang ini. Perjusa kali ini dilaksanakan dengan sederhana dan penuh hikmah. Acara diawali dengan regristari peserta serta cheking perlengkapan, kemudian upacara pembukaan kemah penggalang perjusa dibuka langsung oleh Mokhammad Amin Tohari, S.Ag.M.PdI selaku kepala madrasah sekaligus sebagai pembina upacara. Beliau menyampaikan tujuan dari kegiatan ini peserta dilatih untuk memiiki ketakwaan kepada Tuhan YME, disipilin, cakap, mandiri, dan mempunyai jiwa leadership (kepemimpinan).  Setelah pembukaan dilanjutkan dengan ishoma dan salat maghrib berjamaah sampai dengan salat isyak yang didampingi wali kelas masing-masing. Untuk meningkatkan semangat, memberikan kehangatan, serta mencari kegembiraan peserta perjusa diajak nyalakan api unggun yang memiliki makna persatuan dan persaudaraan.

Ramu merupakan tahap awal dalam Syarat Kecakapan Umum (SKU) Penggalang yang diujikan kepada peserta perjusa oleh tim penguji. Menjelang tengah malam peserta berjalan untuk jelajah malam di sekeliling area bumi MTsN 2 Kota Malang. Di seperti malam terakhir peserta perjusa juga melaksanakan qiyamul lail hingga menjelang salat shubuh berjamaah. Senam pramuka adalah bagian dari kegiatan perjusa ini selain kegiatan lainnya seperti tali menyanyi, yel-yel, menyanyi, serta penjelajahan.  Senam pramuka juga tidak ketinggalan untuk dilaksanan peserta karena termasuk dari gerakan kesehatan dan kebugaran dalam pramuka dengan melalui gerakan-gerakan senam yang dibentuk sesuai dengan visi dan misi kegiatan pramuka. Sebagai tambahan energi dan kalori peserta makan pagi bersama di area perkemahan. Sebelum penutupan acara perkemahan penggalang dan sayonara peserta perjusa diwajibkan bersih-bersih diri dan lingkungan sebagai bentuk tanggung jawab telah melaksanakan kegiatan dan menggunakan fasilitas madrasah.

                       

                                                                            ‘ Tim  Kehumasan MTsN 2 Kota Malang

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*