564 Calon Jamaah Haji MTsN 2 Kota Malang Tunaikan Manasik Haji

Kota Malang – Kamis (13/06/24) tepat pukul 07.00 mentari pagi tersenyum menyapa warga madrasah yang sedang berjalan menuju Gedung Islamic Center tepatnya di Jalan Mayjen Sungkono Kelurahan Arjowinagun Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang. Pasir berbisik di tengah sejuknya udara pagi mengajak 564 peserta didik kelas 7 dan 8, serta puluhan GTK MTsN 2 Kota Malang untuk tunaikan manasik haji di Gedung Islamic Center Pemerintah Kota Malang tersebut.

Kegiatan manasik haji diawali dengan acara pembukaan oleh kepala madarasah, dilanjutkan dengan paparan tata cara mengenakan ihram dan berniat haji yang dipandu langsung oleh koordinator lapangan Purwahyudi, S.Ag.,M.Ag sekaligus sebagai guru Fikih MTsN 2 Kota Malang. Setelah melaksanakan niat haji ratusan peserta didik kelas 7 dan 8 diarahkan menuju miniatur Kabah yang berada di lantai 2 Gedung Islamic Center (IC) untuk melaksanakan thawaf qudum. Selanjutnya menuju Arafah yang telah disiapkan di lapangan halaman depan IC sambil bertalbiyah sepanjang perjalanan (9 Dzulhijjah). Dilanjutkan mendengarkan khutbah wukuf dan berdoa, serta menuju Muzdalifah yaitu di halaman utara sebelah timur Gedung IC dengan berhenti dan mengambil 28 batu kerikil atau jagung yang sudah disiapkan untuk melakukan jumroh.

Sesampai di Mina yang berada di sebelah timur Gedung IC calon jamaah haji/peserta didik kelas 7 dan 8 melakukan lontar jumrah aqobah sebanyak 7 kali lontaran masing-masing 1 kerikil sambil mengucapkan doa (10 Dzulhijjah). Peserta dibimbing langsung untuk melakukan tahalul awal (memotong rambut sebanyak 3 helai) kemudian thawaf ifadhah. Berikutnya melaksanakan lontar jumrah aqobah di paving timur Gedung IC. Berikutnya melakukan Mabit (Bermalam di Mina) untuk melakukan jumrah ula, wutsho, dan aqobah masing-masing 7 butir dan diulang selama 3 kali pada hari tasyrik (11 s.d. 13 Dzulhijjah), dilanjutkan berdoa setelah melontar ketiga jumrah.

Seusai lontar jumrah peserta didik melakukan Sai (berlari-lari kecil) antara Bukit Shafa dan Marwah yang berada di lantai 2 sebelah timur Gedung IC. Dilanjutkan tahalul akhir di Bukit Marwah lantai 2 di dalam Gedung IC sebelah utara. Berikutnya menuju miniatur Makkah yang berada di lantai 2 gedung IC, untuk melakukan thawaf wada’ mengelilingi Kabah sebanyak 7 kali dan membaca doa di setiap putarannya. Usai thawaf peserta didik minum air zam zam (yang berada di depan panggung) dan beristirahat.

Latihan Manasik Haji yang dilaksanakan MTsN 2 Kota Malang bertujuan menambah dan memperkuat komitmen melaksanakan ibadah haji/umroh di usia muda. Bimbingan manasik haji dan umrah ini merupakan hal sangat penting karena sebagai bekal kesempurnaan melaksanaan haji dan umrah sesuai dengan syariat Islam, demikian ungkapan Mokammad Amin Tohari, S.Ag., M.Pd.I. selaku kepala MTsN 2 Kota Malang. Beliau juga menguatkan “Latihan manasik haji ini dapat menjadi bekal ilmu dan praktik/ pengalaman, yang disertai semangat dan optimis karena ibadah haji/umroh memerlukan persipan fisik yang ekstra untuk menyempurnakan rukun-rukunnya.” Hal senada juga ditegaskan oleh Ida Mukarromah, S.Ag., M.Pd selaku guru Fikih “Dengan latihan manasik haji ini akan memberikan pengalaman atau praktik secara langsung tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji dan umrah. Jika mereka diberikan kesempatan beribadah haji yang sesungguhnya ke Baitullah Makkah maka dapat melaksanakan ibadah haji dan umrah dengan sempurna, demikian ungkap Wakil Kepala Bidang Kurikulum MTsN 2 Kota Malang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*