Idul Adha 1445H MTsN 2 Kota Malang “Kuatkan Spirit Rela Berkorban dan Kepedulian Sosial”

Kota Malang – Rabu (19/06/2024) tepat pukul 07.00 gema takbir mengalun di bumi MTsN 2 Kota Malang. Ratusan peserta didik dan GTK berkumpul di lapangan pada kegiatan penyembelihan hewan kurban di madrasah. Seluruh hewan kurban yang disembelih merupakan partisipasi GTK dan peserta didik MTsN 2 Kota Malang. Agenda rutin Matsandatama/ MTsN 2 Kota Malang ini selalu dilaksanakan dalam setiap tahun.    Pada tahun ini Matsandatama menyembelih hewan kurban sejumlah 2 ekor sapi dan 3 ekor kambing. Dengan rincian 1 ekor sapi merupakan patungan bapak, ibu guru, dan tambahan 2 orang peserta didik. Berikutnya 1 ekor sapi dan 2 ekor kambing berasal dari infaq/ latihan kurban seluruh peserta didik kelas 7 dan 8, serta 1 ekor kambing kurban pribadi oleh Ganendra 8A.

Kegiatan diawali dengan apel pembukaan dan  serah terima hewan kurban yang diwakili Ketua OSIM (Organisasi Siswa Intra Madrasah) Matsandatama,  Syahdan Yahya 8B kepada kepala madrasah. Dilanjutkan dengan penyembelihan kurban sesuai Syariat Islam. Proses penyembelihan hewan kurban diringi takbir dan dilakukan oleh tim yang sudah terlatih dan berpengalaman, serta beberapa guru dan karyawan berpartisipasi dalam proses ini. Seluruh GTK dan peserta didik yang tergabung dalam OSIM Matsandatama juga ikut berpartisipasi pada proses pemotongan, pengemasan, hingga penyaluran hewan kurban. Ratusan paket daging kurban yang telah dikemas kemudian dibagikan kepada seluruh peserta didik kelas 7 dan 8,  GTK, komite madrasah, dan masyarakat sekitar.

Mokhammad Amin Tohari, S.Ag., M.Pd.I. selaku kepala MTsN 2 Kota Malang dalam   sambutannya menyampaikan,  “Idul Adha menjadi momentum kuatkan semangat rela berkorban sekaligus kepedulian sosial. Spirit berkurban harus senantiasa dijaga, dihadirkan dan ditumbuhkan dalam kehidupan kita. Tidak sekedar berkurban, tapi juga sekaligus memperluas zona kepedulian sosial dan perhatiannya pada lingkungan.” Beliau juga menambahkan “Kurban bukan semata-mata momen menyembelih dan membagikan daging kepada mereka yang berhak atau membutuhkan, tapi juga ada makna simbolis, kemudian kita mampu mengeliminasi sifat-sifat hewani yang ada di dalam dirinya.” Di akhir sambutannya kepala madrasah ini manambahkan “Spirit berkurban dan berbagi akan meningkatkan ketakwaan kita, menjaga diri dari sikap rakus, tamak dan mau menangnya sendiri untuk kepentingan pribadi ataupun kelompok.”

 

 Tim Kehumasan MTsN 2 Kota Malang

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*