Jelang Wisuda dan Gelar Prestasi Peserta Didik GTK MTsN 2 Kota Malang Khatamkan Alquran 11 Kali Selama 30 Menit

Kota Malang – Jumat (07/06/24) tepat pukul 06.45 pagi hari dipeluk dingin dengan udara segar bersih menyejukkan suasana Masjid Al Ikhlas MTsN 2 Kota Malang. Dalam rangka persiapan wisuda dan gelar prestasi kelas IX tahun Pelajaran 2023-2024 ratusan peserta didik kelas 7 s.d 9 dan puluhan GTK secara serentak melantunkan kalam Ilahi. Kegiatan diawali dengan pembukaan proses khataman Al-Quran secara bersama-sama oleh seluruh peserta didik dan GTK, yang dibuka dengan QS. Al Fatihah sampai Juz 30 ditutup doa khotmil qur’an.  

Teknis kegiatan dilaksanakan dengan waktu singkat adalah suatu hal yang sangat istimewa bagi warga madrasah, karena dalam waktu 30 menit peserta didik dan GTK MTsN 2 Kota Malang dapat mengkhatamkan al quran 11 kali. Adapun caranya adalah 1 peserta didik atau GTK membaca ½ juz untuk khatam 1 x dan diperlukan 70 orang. Sementara jumlah peserta didik dan GTK berjumlah kurang lebih 790 warga madrasah. Jadi sekali membaca dengan durasi 30 menit dapat mengkhatamkan Al Quran 11 kali.

Mohammad Bisri, S.Ag selaku koordinator kegiatan menjelaskan, “Bahwa tujuan khotmil quran ini adalah menjadikan al quran sebagai sandaran dalam meraih kesuksesan dalam tiap aktivitas kehidupan.” ujar guru bahasa Arab di MTsN 2 Kota Malang, beliau juga menambahkan, “Sangat perlu ditanamkan dan diajarkan kepada peserta didik agar bangga dan cinta dengan al quran karena sebagai pedoman hidup,” demikian ungkapnya. Demikian pula Mokhammad Amin Tohari, S.Ag.M.PdI selaku kepala madrasah juga menegaskan, “Khataman ini dilaksanakan sebagai upaya menumbuhkan rasa cinta kepada Al Quran melalui pembiasaan membaca secara istiqomah dan berkelanjutan pada setiap kegiatan.” Orang nomor 1 di MTsN 2 Kota Malang ini juga berharap, “Seluruh warga madrasah wajib berdoa sebagai wujud syukur atas keluluskan peserta didik kelas IX tahun pelajaran 2023-2024 saat jelang wisuda.” 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*